Merawat Mimpi Kecil, Bisa Nggak Ya?

Mie 28 Catering Service, Sidoarjo.

Sejak kecil, cita-citaku hanya dua. Melanjutkan bisnis keluarga hingga sukses dan bisa jalan-jalan tanpa menunggu hari libur nasional. Iya, keluargaku punya warung kecil di depan rumah kami yang diberi nama Mie 28. Lewat warung ini, aku dan kedua kakakku bisa sekolah dan hidup dengan baik hingga hari ini. Sayangnya, selama 22 tahun warung ini berdiri, tidak ada pembukuan keuangan yang cukup jelas. Ya, seperti halnya warung kecil kebanyakan, keuntungan tidak pernah diperhitungkan dengan baik. Setiap kali aku bertanya tentang laba bersih terbesar per hari, kedua orang tuaku bahkan tidak bisa menjawab selain “untungnya ya pokok bisa nyekolahin anak-anak papa sampe lulus”. Benar-benar jawaban template dari seluruh pemilik warung pinggir jalan, kan?

Tidak adanya perhitungan yang jelas tentang laba dan rugi ini tentunya akan cukup membingungkan jika perusahaan akan diambil alih oleh penerusnya. Namun, kami juga tidak memiliki ilmu yang cukup terkait akuntansi untuk melakukan pembukuan secara rinci. Untungnya, sekarang sudah ada aplikasi kasir yang membantu mempermudah pembukuan secara otomatis. Oh iya, aplikasi ini punya banyak manfaat, lho! Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan aplikasi kasir adalah:

1.    Adanya pembukuan yang jelas 

Dengan aplikasi kasir, semua proses akuntansi dapat disederhanakan. Kita hanya perlu melihat pada tabel penjualan harian yang sudah terdata secara otomatis saat adanya transaksi. Berbeda dengan mesin kasir konvensional di mana staff akan dihadapkan pada ratusan struk yang menumpuk untuk dihitung secara manual agar dapat mengetahui pemasukan saat itu.

2.      Mengurangi Kesalahan Dalam Transaksi 

Aplikasi kasir sangat memungkinkan kita untuk mengecek kembali produk-produk yang kita input. Dengan begitu kita dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan. Jika melakukan transaksi dengan mesin kasir konvensional, pegawai akan sangat dekat dengan kesalahan karena tidak bisa dilakukan pengecekan ulang.  Aplikasi kasir membantu kita untuk mengurangi kesalahan transaksi penjualan tersebut.

3.     Memiliki Biaya Perawatan dan Perbaikan yang Lebih Rendah 

Jika dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, aplikasi kasir biasanya memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah. Karena terbatasnya perusahaan yang mampu memperbaiki mesin kasir tradisional, maka harga jasa perbaikan biasanya terbilang lebih mahal. Berbeda dengan aplikasi kasir yang saat ini memiliki banyak vendor untuk menangani perbaikannya, hal tersebut membuat biaya perawatan dan perbaikan aplikasi kasir ini menjadi lebih rendah.

Dengan adanya aplikasi kasir ini, kita dapat dengan mudah mengawali bisnis ataupun melanjutkan bisnis keluarga yang sebelumnya digarap dengan system konvensional. Nggak sabar untuk segera menciptakan perubahan baru yang lebih memudahkan. Apa lagi ya kira-kira?

Komentar