HOW TO GET BATU CAVES, MALAYSIA?

12.07

Batu Caves
Batu caves adalah goa yang ikonik di Malaysia. Tempat ini adalah tempat ibadah yang sekaligus dijadikan tempat wisata gratis buat para turis yang datang ke Malaysia.

Cara kesana juga gampang banget. Ada commuter line yang tujuan akhirnya tepat di Batu Caves. Aku tinggal di Sandpiper Hotel, kalian bisa googling lokasinya. Dari sana, aku tinggal jalan ke Pudu Central Market atau lebih dikenal Plaza Raya. Jadi pas mau ke stasiun emang masuk ke dalam Plaza gitu biar cepet sampai. Nah, di dekat Plaza Raya itu ada stasiun LRT. Kita bisa beli tiket self service tujuan KL Central, harganya RM 1.9 untuk sekali berangkat/satu orang.

LRT, MRT atau Commuter Line di KL Central

Kalau udah sampai di KL Central, kita bisa cari tulisan KTM. Nah, KTM ini bukan Kartu Tanda Mahasiswa loh ya, huhu. KTM ini adalah commuter line. Kalau udah  nemu, kita bisa beli tiket tujuan Batu Caves. Harganya sekitar RM 2.6. Both LRT and Commuter line, persis kaya naik KRL Jakarta, bedanya, ini kereta bawah tanah yang super cepat sih. Hehehe.
Bentuk tiketnya gini ya, bukan kartu atau karcis.

Oh iya, KL Central ini adalah pusat stasiun di KL. Jadi kalau kamu lagi nyasar dan bingung buat milih stasiun, kamu ke KL Central aja dulu. Dari KL Central, baru deh pilih stasiun lanjutannya. Insya Allah amaaaann!!

KL Central

Kalau kamu pengen pipis, pipis di stasiun aja sebelum pergi dari stasiunnya. Karna bakal susah banget nemu toilet di sekitar Batu Caves. Ini informasi penting loh, karena aku nahan pipis berjam-jam selama disana, dan aku nggak mau itu terjadi sama kamu bepp. Heheheh.

Kalau udah keluar dari stasiun, akan ada banyak ibu dan bapak yang jualan merchandise, buah, minuman, gelang, etc. Selain itu, kamu juga bakal disambutsama banyakbanget monyet-monyet. Sooo cute! Mereka lari-larian bebas di jalanan. Sibuk sendiri deh pokoknya. Hehehe.

Pemakaian bindi di dahi.

Sebelum ke patung buddha yang besar itu, kita bisa masuk dulu ke satu kuil yang mewajibkan lepas alas kaki. Nah, kalau lagi beruntung, akan ada orang disana yang ngasih Bindi (tanda merah di dahi mirip orang India). Bindi ini bisa kamu dapatkan dengan cara memberi uang seikhlasnya pada yang akan memberi Bindi pada kita.

Kuil.

Nah, kalau kamu datang kesana dan pengen naik tangga ke Goa yang tinggi itu, usahakan buat pakai baju yang tertutup ya, as we know, Batu Caves adalah tempat buat ibadah. Tapi, kalau udah terlanjur pakai pakaian terbuka, kamu tetap bisa pergi kesana dan sewa kain pashmina untuk menutup bagian kaki. Kalau nggak salah, harga sewanya RM 3-5. Sayangnya, pas aku lagi kesana, banyak renovasi lagi dilakuin. Jadi kurang hikmat gitu loh. Di dalam goa, ada banyak patung-patung yang baru dibangun.

A welcoming smile from Monica. Hehehe.

Eh, disana juga ada Dark Cave. Lokasinya ada di pertengahan tangga pas kita turun dari atas goa utama. Jadi, setelah kita puas lihat-lihat  di Batu Cave, di perjalanan pulang kita bisa mampir ke Dark Cave. Sayangnya, akses masuk Dark Cave nggak gratis. Sekitar RM 50. Lumayan juga yaaa! Karna duitku cuma tinggla RM 50 dan bener-bener nggak ada lagi, terpaksa lah aku nggak jadi masuk. Huhu, miris!


Semoga pas kamu kesana, pas udah kelar renovasi yaaa. Jadi bisa santai tanpa debu berlebih. Hei, jangan lupa jaga kesehatan ya, kamu!

You Might Also Like

1 komentar