GOKL, Free Bus Service Malaysia!

22.52

GoKL City Bus Malaysia.

Malaysia!
Pertama sampai dan posting di instagram, netter langsung komentar "Eh ngapain ke Malaysia? Jadi TKI?"

Bercandaan paling basic ala orang Indonesia. Mereka anggap TKI itu cuma orang yang cuci setrika dan bersih-bersih rumah. Padahal, sekalipun aku jadi bos besar di perusahaan luar negeri, ya tetep aja namanya juga TKI.

Bentar! Kenapa jadi bahas the definition of TKI? Jommm lah bahas liburan!

Kuala Lumpur itu hampir mirip kayak Jakarta. Di Bandara doang kerasa dingin karena ber-AC. Diluar yaaa panas, macet, lihat orang nyebrang sembarangan. Apalagi pas aku disana lagi ada renovasi jalan raya. Lengkaplah penderitaan bersama debu-debu jalanan. Pernah malah waktu itu lewat lorong-lorong gitu malah kayak lagi di gang kauman. Kok porong banget ya? Wkwk.

Tapiii, ada satu hal yang jadi pembeda, dan bikin aku pengen balik lagi kesana. GoKL! GoKL ini bukan akronim dari gokil yaaa. Wadaw. GoKL adalah city bus, transportasi umum yang bisa digunakan oleh siapapun yang ada di Kuala Lumpur secara gratis! Serius? Dua riyus. Siapa aja yang boleh naik? Semua orang. Bus ini bukan bus wisata keliling. Dia benar-benar mengantar kita ke suatu tujuan. Ada yang berangkat kerja, sekolah, jalan-jalan bahkan Cuma sekedar pengen aja naik GoKL juga boleh!


Contoh salah satu running text "Blue Line"

Wujudnya mirip seperti bus Trans Sidoarjo gitu. Ada priority seat, ada beberapa kursi, dan holder buat orang-orang yang nggak kebagian tempat duduk. Setauku, semua bus GoKL berwarna pink. Tapi, dia punya beberapa jalur. Cara bedainnya, kita cukup lihat tulisan berjalan yang ada di depan bus. Biasanya ada tulisan Blue Line, Green Line, Purple Line dan Red Line. Di setiap halte juga ada rute bus. Jadi kita bisa cek disana untuk tujuan selanjutnya. Masih bingung? Tanya aja sama orang yang ada disana. Bahasanya juga masih mirip-mirip. Bingung ya tinggal senyum aja. Hehehe.
Suasana di dalam GoKL

Istimewanya lagi, GoKL ini dilengkapi WIFI. Asik banget kaaannn!!!! Buat turis yang nggak pernah beli paketan roaming kalau lagi jalan di luar negri, dan ngelihat keadaan mall-mall di Malaysia yang pelit banget ngasih free wifi, GoKL itu bagaikan jawaban dari setiap doa-doaku! Perfect transportation ever!

Rute GoKL dari keempat jalur.

Rute perjalanannya sih di Kuala Lumpur aja, tapi cukup luas kok, hampir seluruh Kuala Lumpur bisa dicapai dengan GoKL. Jam datang dan berangkatnya juga cepat. Kelihatan sih, armadanya pasti banyak banget. Aku bener-bener acungkan jempol buat GoKL.

Pernah hari itu aku belum sadar kalo GoKL ternyata berwifi, aku jalan-jalan ke bukit bintang, berharap ada wifi gratis. Helaw! Semua wifi ber password, bahkan di lapak Gucci sekalipun! Keterlaluan, mall segede dan se-mbois ini nggak punya fasilitas free wifi.

Jadi langsung kebayang, "oh gini ta rasanya bule-bule kalo lagi main di negaraku sendiri? Yahhh, indonesia kan juga nggak punya free wifi. Jadi nggak boleh protes banyak-banyak." Miris.

Emang sih, GoKL ini baru ada sejak sekitar pertengahan tahun 2012. Jadi kalau ada yang pernah ke KL tahun 1992, ya mohon maap nih kalo dulu belum ada. Jom ke KL lagi, cobain GoKL! Hehehe. Selamat Liburaaaaaannn!!!

You Might Also Like

1 komentar