MASJID ITAEWON, SATU-SATUNYA MASJID DI SEOUL, KOREA SELATAN

06.00

Masjid Itaewon Korea.

Setiap kali liburan ke suatu tempat, selain sibuk cari makanan khas daerah, sebisa mungkin aku akan cari dan berkunjung ke masjid besarnya. Kebetulan, pas liburan ke negara dengan minoritas muslim, masih ada masjid besar di pusat kotanya. Yaaa, walaupun udah kerasa kaya pengembara banget sih, tiap kali sholat selalu di bus, di kereta pakai tayyamum segala! Kan jadi berguna tuh ilmu tayyamum dari P2KK. Anyway, P2KK itu kayak sekolah pesantren kilat. Sebelum jadi mahasiswa di kampusku, kita akan dibekali nilai-nilai agama selama satu minggu penuh. Wagelaseh! Hehe.

Saking bosannya sholat di jalanan, aku berusaha banget biar bisa mampir ke Seoul Central Mosque yang jadi satu-satunya masjid di Seoul, Korea Selatan. Masjid ini letaknya ada di dataran tinggi daerah Itaewon, Seoul, Korea Selatan.

Kalau mau kesini naik Subway, kita bisa turun di Itaewon Station jalur 6, ikuti exit 3. Nah setelah itu harus jalan kaki lagi buat sampai ke Masjid Itaewon-nya. Aku nggak bohong sih, jalannya emang agak lama sedikit dan sesekali nanjak. Lebih parahnya, kemarin pas winter, dinginnya aspal tembus ke kaki sampai mati rasa. Tapi seru!

Pertokoan di jalan menuju Masjid Itaewon.

Sampai di Masjid Itaewon, aku langsung cari tempat wudhu. Itu salah sih. Better, kalian masuk dulu dan lepas sepatu, karena tempat wudhu-nya ada diluar masjid. Dan di tempat penyimpanan sepatu, ada sandal yang bisa dipakai untuk wudhu. Jadi sepatu kita nggak akan basah.

Wudu for Women.

Kalau aku perhatiin, di korea setiap keran airnya pakai hot and cold water. Jadi, kita nggak akan disiksa dengan air dingin di cuaca yang ekstrem dinginnya untuk wudhu. Malah aku justru sering lama-lamaan pas ketemu air hangat, lemesin yang kaku-kaku shaaayyy. Hehehe.

Islamic School di dekat Masjid Itaewon.

Masuk ke masjid Itaewon, kita dilarang keras buat ambil foto di dalam masjid. Nggak tau kenapa. Menurutku masjid ini nggak terlalu besar di lantai 3 (lantai khusus untuk perempuan sholat). Mungkin karena yang dipakai cuma separuh bagian aja kali ya. Kayak masjid pada umumnya, lantai atas biasanya besarnya separuh dari lantai bawah biar bisa lihat imam.

Design interiornya bagus. Aku terharu banget karena denger seorang muslim mengumandangkan adzan di negara minoritas muslim. Nggak bisa bayangin gimana hidup sebagai minoritas dan tetap bertahan. Tapi bangga banget!

Buat teman-teman yang ada rencana main ke Seoul, boleh banget kayaknya mampir ke Seoul Central Mosque. Nggak cuma sebagai pusat ibadah, banyak juga turis yang main-main kesini buat sekedar foto dan jalan melihat-lihat suasana di Masjid Itaewon.

Gimana jadinya? Mampir yuk!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Larangan foto di dalam masjid bisa jadi biar ga ngeganggu yang ibadah, plus mencegah orang-orang yang cuma butuh cari foto doang sembarangan keluar masuk. Gimana-gimana masjid kan tempat ibadah ya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener-bener! Biar gimanapun dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung. So, harus patuh aturan 👌

      Hapus