SNORKELING DI GILI KETAPANG - PROBOLINGGO

11.25

Welcome to Gili Ketapang

Hello, 2018!
Huwoooo, after a very long holiday (nggak nulis di blog karena sibuk praktikum), akhirnya aku balik dengan gelar .com. Hehe!

Iya, karena sebuah kesedihan berkepanjangan, I decide to healing and get more fun! Dengan pertimbangan waktu, cost dan lain-lain, aku memustuskan untuk pergi ke Gili Ketapang. Gili Ketapang ini letaknya ada di selat Madura, tepatnya 8km dari lepas pantai utara Probolinggo. Kata Google sih gitu. Hehe.

Seperti biasa, Lidya adalah satu-satunya travelmates yang bisa diajak pergi dadakan tanpa banyak pertimbangan. *Sujud syukur*

Awalnya kami ajak beberapa orang, tapiiiiii bisa ditebak dong jawabannya apa. Sampai akhirnya, datanglah seseorang tanpa diundang pengen ikutan. Dialah Adum si manusia ikan. Takis lah!

Sabtu, 6 januari 2018.
Kami berangkat bertiga. Eh nggak! Bukan boncengan tiga loh ya. Adum naik motor sendiri, aku sama Lidya satu motor. Pukul 5 pagi kami gas menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga. Jalanan memang masih sepi pagi itu, perjalanan Malang-Probolinggo dengan motor ini cuma ditempuh 2 jam sama duo Rosi dan Pedrosa ini! Tepuk tangan, horeee!!

Sampai di pelabuhan, kami mampir ke basecamp salah satu agen Snorkeling di Gili Ketapang yang sudah kami booking di malam sebelumnya. Kami diantar ke dermaga untuk menaiki kapal yang akan menuju Gili Ketapang.

Kapalnya nggak begitu besar, tapi bersusun. Penumpang hanya boleh duduk di bagian atas, sedangkan bagian bawah dipakai mesra-mesraan sama mesin kapal dan cipratan air laut. Ciye!

Mungkin ini antisipasi biar penumpangnya nggak kebanjiran air laut kali ya. Jalannya juga nggak secepat kapal pancing nelayan yang biasa aku naiki pas mau snorkeling. Nggak ada air laut yang muncrat membasahi kami karena guncangan ombak. Artinya, aku bisa tidur dengan lebih dari sekedar nyaman. Dengan pede-nya aku rebahan diatas kapal, memastikan posisi aman dan "sleeping beauty" pun beraksi. *Zzzzzzzzz

Beberapa menit sebelum berlabuh, Adum dan Lidya sibuk membangunkan aku. Huwaaaaa! Welcome to Gili Ketapang! Kami segera turun dari Kapal dan langsung menuju rest area untuk meletakan barang-barang dan memilih alat snorkeling.


Sok iye nggak gaya kami ini? (Kanan: @charolidyaaa_)

Nggak ngerti apakah neraka lebih panas dari ini, tapi yang jelas disini panasnya kebangetan sih! Apalagi aku lupa bawa sunblock, jadilah gosong melanda sekujur tubuh. Keringat bercucuran nggak habis-habis. Adum yang seputih salju aja berubah jadi ayam bakar saking panasnya. Kalau lidya jangan ditanya, mukanya merah-merah panas kaya daging sapi yang baru dipotong. Hiy! Katanya sih, ini lebih panas dari Berau yang udah super panas. Buseeetttt!

Nggak lama, kami langsung digiring naik ke Kapal untuk pergi ke spot snorkeling. Yippiiiiiyyy!! Buat yang belum pernah snorkeling atau nggak bisa berenang, akan ada briefing dan latihan singkat dari para guide sebelum benar-benar nyemplung, loh! Jadi Insya Allah aman, tentram, terkendali.


Nemo and Friends

Beruntungnya, sejak pertama kali snorkeling sampai sekarang, spot yang aku datangi semakin cantik secara bertahap. Dari yang awalnya cuma, "wah ternyata beneran ya bisa lihat ikan dibawah laut. senang sekali", sampai "ihh, kok nemo lucu banget sih kalau ramai-ramai". Serius deh! Di Gili Ketapang ini memang terkenal dengan Taman Nemo-nya. Agen snorkeling disini sengaja membuat papan nama finding nemo, taman nemo atau nemo-nemo-an lainnya untuk diletakkan di dasar laut dan dijadikan spot berfoto bagi para snorkeller. Lucunya, kebanyakan ikan ya "nggelibet" disitu. Apa mereka sadar ya kalau ada nama temannya. Hihihi.



Intinya, snorkeling disini asik dan worthy. Ya walaupun kadang-kadang agennya lebih sering ngajakin foto dan bikin video buat promo daripada biarin kita explore lautan sih. It's okay! Semoga rejekinya lancar ya, Pak. Aamin.

Btw, yang snorkeling disini ramainya minta ampun! Mungkin karena ada jaminan "yang nggak bisa berenang nggak perlu khawatir, tetap bisa foto dengan nemo", jadilah Bapak, Ibu, Muda-mudi, anak kecil semuanya datang dan foto-foto bersama nemo. Kadang-kadang agak risih karena pengennya olahraga (pencitraan wkwk) tapi diribetin orang foto-foto terus.

Mengalahlah aku, agak melipir ke tengah laut sampai hampir nabrak sampan. Ceroboh tak berujung ya gini. Semakin jauh, aku ketemu taman bawah laut yang lebih cantik. Ikannya warna-warni dengan tetap ada nemo. Sayangnya, aku nggak ketemu dory. Hehehe.

Disana, aku juga ketemu sama bulu babi loh! Bulu babi ini kalo dilihat unyu banget ya ternyata. Kayak ada matanya gitu ngelihatin aku. Pengen bawa pulang satu, dimasak rica-rica. Saking imutnya, aku pengen ketawa, lupa kalau lagi di dalam air. Akhirnya ya terjadilah peribahasa sambil menyelam minum air. Huft! 

Puas snorkeling bersama nemo dan teman-teman, kami pun kembali ke Rest Area untuk mandi dan makan siang. Yeay!! Ini adalah itinerary yang paling aku tunggu-tunggu dong. Sesuai kesepakatan, menunya adalah ikan bakar dengan sambal tomat dan kecap. Semua menu disajikan prasmanan. Hmm, nikmat Tuhan mana yang bisa aku dustakan?

Jangan bayangkan gurame gede kayak di warung-warung loh ya! Disini, ikannya unyu-unyu gendut, membuat kami yang anak kos ini ngambilnya nggak aturan sama sekali. Selamat makaaaannn! Hihihi.

Setelah malu bolak balik dari tempat duduk ke meja prasmanan berkali-kali, kami akhirnya menyudahi makan siang yang sebenarnya nggak bisa dihentikan ini. Nikmatnya di support sama suasana. Ajiibb gileee!! 

Paket snorkeling yang saya ambil ini include makan siang, foto dsb. Diluar itu, kalau masih kurang puas, kita bisa juga mencicipi makanan yang dijual di beberapa warung. Mata saya melirik ke sebuah warung Es Degan yang juga menjereng kemasan minuman sachet. Dipinggir pantai minum es Degan utuh itu kan mantapnya kayak di sinetron-sinetron ya! Harganya juga masih hemat, cuma Rp. 14ribu. Akhirnya kami memesan 3 buah degan utuh. Pas kebetulan degannya yang enak juga. Empuk! Jadilah sehari di Gili Ketapang ini penuh dengan kemantapan.


Dapat salam dari kami, kapan liburan bareng? (Depan: @adum_saleh)

Jangan lupa bilang Alhamdulillah. Hehehe.
Oh iya, kalau kamu punya rekomendasi tempat buat aku kunjungi, please let me know yours in comment box ya! Ditunggu, lho!
Sudah yaaa? Kami mau sholat, packing dan pulaaanggg! Daaahhhh!!


Information and Reservation : 
Pak Djamall - Gili Ketapang
0857 3131 8404

Or kindly visit and DM @rahmaniasantoso via Instagram to be your new travelmates in sharecost system. I'll be happy to travel with you.

You Might Also Like

0 komentar