LIBURAN: BALI NGGAK PERNAH MATI

13.59

Anw, judul ini terinspirasi dari seorang teman yang kirim komentar di salah satu foto yang saya upload di instagram.

Mendatangi spot yang belum pernah disapa itu wajib hukumnya buat pelancong. Berniat datang ke Pulau Bali (lagi) di tahun 2017 ini, saya ingin explore Bali selain beberapa tempat yang selalu jadi jujukan paket tur, Tanah Lot dan Pantai Kuta. FYI, kali ini saya berangkat bersama keluarga a.k.a Family Trip. Ada dua lokasi yang belum pernah kami kunjungi di Bali. Kalau kamu juga belum pernah mampir, kamu boleh coba pergi ke dua tempat yang saya rekomendasikan. Kenapa dua? Karena tidak tiga. Halah!

Peninsula Island
1. Waterblow
Waterblow ini ada di kawasan elit Nusa Dua. Usahakan untuk membawa kendaraan sendiri, baik rental maupun kendaraan pribadi. Kita harus masuk ke gerbang utama kompleks mewah, salah satunya Hyte Hotel yang pernah di tinggali Raja Arab beberapa waktu kemarin. Eh, iya nggak sih?

Suasana Pantai di sisi kiri
Setelah tiba, kita harus parkir kendaran dan sedikit berjalan kaki menikmati cantiknya pantai yang yang tenang di samping kanan dan kiri sepanjang perjalanan menuju waterblow. Banyak orang  yang sekadar berjalan-jalan di pinggir pantai maupun berenang disana. Posisi waterblow ada di ujung jalan dengan matahari yang menyengat ditambah bonus angin sepoi-sepoi.

Waterblow Nusa Dua
Waterblow adalah lautan yang dipisahkan dengan karang yang besar, kuat dan tinggi. Ombak bergulung menabrak karang dengan kencang dan byurrrrrr! Inilah yang menghasilkan pemandangan spektakuler. Nggak jarang juga wisatawan justru memilih spot yang terdekat dengan guncangan air laut agar bisa basah-basahan disana. Ih seru deh!

Nusa Dua Light Festival
Di malam hari, kawasan waterblow ini disulap menjadi "Nusa Dua Light Festival". Entah sejak dan sampai kapan light festival ini ada disini, tapi saya yakin akan sangat mengasyikkan untuk menghabiskan dinginnya malam di hamparan taman lampion dengan bunyi deburan ombak yang emeijing!

The best part is it's freeeeee! Kamu cukup bayar parkir saja kok. Masuk pantai dan jalan-jalan kemanapun di kawasan ini, gratis! Eh, ini untuk siang hari loh ya. Kalau mau masuk ke Light Festival di malam hari, ya kudu bayar. Nggak apalah merogoh sedikit kocek buat bayar colokan listrik dari nyala lampion. Hehe.

2. Pura Ulun Danu
Mungkin tempat ini sudah lumayan banyak di expose, tapi jujur deh, selama ke Bali, sejak SD sampai jadi mahasiswa, this is the first time saya mengunjungi Pura Ulun Danu. Kalau kamu punya uang 50ribu-an, dibaliknya terdapat gambar Pura Ulun Danu. Hanya saja foto dibawah ini saya ambil dari angle yang berbeda dari gambar di uang tersebut.

Pura Ulun Danu
Untuk masuk ke wisata Pura Ulun Danu, wisatawan harus bayar Rp. 20ribu/orang. Pura ini ada di kawasan Danau Bedugul. Letaknya di ketinggian membuat udara sejuk bisa kita rasakan dengan sangat nikmat. Apalagi makan bakso, aduh! Gagal fokus.

Di kawasan Pura Ulun Danu terdapat taman yang lucu. Tempat ini cocok digunakan untuk berlibur bersama dengan keluarga terutama untuk anak-anak. Selain udaranya sejuk, taman ini juga memiliki beragam patung-patung lucu seperti ikan raksasa yang bisa digunakan sebagai spot foto bersama.

Salah satu Patung ikan raksasa
Mungkin kebanyakan dari kita lebih sering berkunjung ke Danau Bedugul yang cenderung lebih touristy dan memiliki banyak pilihan watersport. Tapi keindahan disini, sumpah nggak kalah banget! Puranya keren, suasananya nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata deh. Lebih dari sekedar itu, khidmat berdiri di depan rumah ibadah selalu saya rasakan. Walaupun  bukan rumah ibadah kita, setidaknya itu milik saudara setanah air kita, kan?

Ps untuk diri sendiri dan semoga juga berguna untuk readers : Jauhkan hati dari perasaan bahwa liburan harus sempurna. Of course not! Nggak semua destinasi yang kita inginkan bisa didatangi saat itu juga atau sesuai dengan ekspektasi kita. Stop expect too much, just go around and enjoy! Apalagi untuk family trip. Jangan lupa untuk terus perhatikan kemampuan fisik orang tua atau anak-anak yang jelas jauh berbeda dari kita sebagai anak muda. Jangan dipaksakan. Berbesar hatilah untuk merencanakan perjalanan selanjutnya yang lebih adventoures bersama dengan travel mates yang segaya. Now, just enjoy your trip with your lovely family!

Selamat berlibur!

You Might Also Like

9 komentar

  1. Aku pas lewat Bedugul malah belum mampir ke Pura Ulu Watu :((
    Harus balik lagi ke Bali nih kayaknya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anu, Ulun Danu bukan Ulu watu :(( wkwk
      Harus balik banget!

      Hapus
    2. Hatinya sapa yang kamu minta ? :(

      Hapus
  2. Bali memang menggoda untuk dikunjungi.
    Selama kita bisa menjaga dan merawat keberishannya dan budayanya. Aku percaya tetap indah :-D

    BalasHapus
  3. Yuhu, pantesan orang luar ngertinya Indonesia kalo ngga jakarta ya bali :))

    BalasHapus
  4. bali ini, meski udah berkali2 di kunjungi tetep punya hal2 tersembunyi yang belum di datangi dan ngajak kita buat balik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget! Ngga ada habisnya ya mbak. Hehe

      Hapus
  5. Bali memang ngga ada matinya bangeeeet

    BalasHapus